Awas Virus di Facebook, 45 Ribu Akun Telah dibajak & Komputer

Kalo yang namanya Facebook tidak asing lagi didengar ditelinga kita apalagi dibeberapa negara, bahkan di negara indonesia diibaratkan bagaikan hidup tanpa Facebook-an, inilah salah satu perkataan dari orang-orang.  Sosial Bookmark ini sangat menggiurkan kita untuk membuka aplikasinya sampai-sampai semua pekerjaan yang kita lakukan akan tertunda dan tertuju padanya.

Pernahkah atau seringkah anda bermain di dunia maya ala Facebook ini? Kalau pernah atau sering berhati-hatilah untuk membuka aplikasi yang ada diberita pemberitahuan anda.

 Social bookmark ini Hampir semua kalangan dapat memiliki akun ini, karena pendaftarannya simple dan bisa juga dibuka di HP semua merk (tapi harus mendaftar lagi. Sosial bookmark ini sangat ngetren bagi semua kalangan bagi Anak kecil, remaja, dewasa bahkan sampai orang tua disini pastinya semua penjahat berkumpul baik penjahat kelas teri, kelas kakap dan penjahat IT untuk memberikan berbagai macam virus salah satunya daya tarik bagi penjahat ”cyber” untuk melakukan berbagai tindakan kriminal mulai dari pencurian data penting berupa username dan password atau menyebarkan program berbahaya berupa virus dengan hanya mengirimkan sebuah url atau alamat situs kepada kontak yang terdapat ada account Facebook tersebut. Dibeberapa tahun lalu, berita harian Tekno Kompas.com  pada tanggal 31 Des 2011 tentang pengiriman virus lewat internet, yang katanya mempunyai kemampuan menginjeksi file aplikasi seperti file dengan ekstensi EXE, COM atau SCR sebut saja virus W32/Alman, W32/Sality, W32/Virut atau W32/Ramnit serta masih banyak virus lainnya dengan varian yang cukup banyak.

Ini dia beritanya Simak Cuplikan berita dari harian tekno.kompas.com
Perusahaan keamanan Seculert mengumumkan bahwa lebih dari 45.000 akun Facebook sudah dibajak peretas dan dimasuki virus. Virus ini menyebar melalui link yang dikirimkan akun Facebook yang terbajak.

Seculert mengatakan, Ramnit, yang pertama kali muncul pada April 2010, kembali mengganas. Selain 45.000 akun Facebook yang terbajak, Ramnit disebut berhasil menginfeksi 800.000 mesin. Hal ini berlangsung pada September hingga Desember 2011.
Microsoft menyebut Ramnit sebagai program jahat multikomponen yang menginfeksi file executable Windows, dokumen Microsoft Office, dan file HTML. Tujuannya adalah mencuri informasi sensitif.
Seculert curiga, pihak tak bertanggung jawab di balik Ramnit menggunakan data curian untuk masuk ke akun Facebook korban dan mengirimkan link berbahaya ke teman-temannya. Selain itu, para penjahat mengincar akses ke jaringan perusahaan.
"Penjahat cyber mengambil keuntungan dari pengguna yang menggunakan password sama untuk semua akun (seperti Facebook, Gmail, Corporate SSL VPN, dan Outlook Web Access). Kesempatan ini digunakan penjahat cyber untuk masuk ke dalam jaringan perusahaan," jelas Seculert.

Facebook sendiri telah mengatakan bahwa setiap harinya mereka memblokir 600.000 login dari akun yang terdeteksi sudah terinfeksi. Jumlah tersebut hanya sedikit dibandingkan jumlah pengguna Facebook yang login setiap hari, yaitu 1 miliar login per hari.
Facebook mengatakan, kurang dari 4 persen konten Facebook adalah spam dan kurang dari 2 persen pengguna akun Facebook yang melihat spam setiap hari. Hal ini masih jauh dengan e-mail yang 89,1 persennya adalah spam.

Untuk menghindari virus dan spam, cara sederhana yang selalu bisa dicoba adalah menggunakan password yang unik dan memiliki password yang berbeda-beda untuk akun yang berbeda-beda pula. Penggunaan antivirus yang update juga membantu mengurangi risiko terinfeksi.

NB : postingan ini hanya sebagai menginspirasikan kepada anda atau juragan-juragan sekalian terhadap adanya beberapa kejahatan didunia maya dan berhati-hati juga bagi komputer anda.

Sumber : tekno.kompas.com





Review http://ucok-milanisti.blogspot.com/ on alexa.com

Bagikan

Jangan lewatkan Awas Virus di Facebook, 45 Ribu Akun Telah dibajak & Komputer

Awas Virus di Facebook, 45 Ribu Akun Telah dibajak & Komputer
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

15 comments

Tulis comments
avatar
15 January 2012 at 01:07

Maaf keluar jalur sob,,,
ada paket menarik buat sobat, silahkan ambil di blog sakahayang

happy blogging

Reply
avatar
17 January 2012 at 00:37

wah ngeri nih.. moga-moga pihak pesbuk jd makin jeli dan canggih melawan dan mencegah hal-hal dr org2 yg tdk bertanggung jwb tersebut..hehehe

Reply
avatar
17 January 2012 at 07:57

wah beneran ndak ni bang??

ngeri banget kldngerannya....:(



oya sob, ane punya hadiah untuk ente...>> http://akhsanant.blogspot.com/2012/01/ward-dari-sahabat-ke-dua.html

Reply
avatar
17 January 2012 at 13:28

thanks sahabat sudah mengingatkan, salam

Reply
avatar
17 January 2012 at 21:23

Thanks my friend for this information.

Reply
avatar
19 January 2012 at 07:23

woooww
harus lebih hati2 nih gan
thanks infonya yah?
jangan lupa visit back

Reply
avatar
20 January 2012 at 13:54

Kunjungan perdana Sobat..
Ditunggu follow back nya Sobat.. :)

follow sukses #92

Reply
avatar
20 January 2012 at 14:01

Kunjungan perdana skalian follow Sobat.. Di tunggu follow back nya ya Sobat.. :)

Reply
avatar
20 January 2012 at 15:42

dulu fb saya juga sering eror
tiba-tiba app chatnya bisa ngirim pesan sendiri ke teman- teman yang OL dengan kata- kata aneh hehehe
apa ya itu namanya?

Reply
avatar
26 January 2012 at 19:47

waaaa gara suka FB an tuch makanya pakai anti virus yang ampuh dan banyak sich yang menawarkan antivirus tapi kayaknya dah da tuch anti virus untuk FB...!!!!! kalau ngak salah sich...!!!! mampir yach sob diblog ane... jgn lupa follow yach sob.. nnti ane follow back sob..!!!

Reply
avatar
26 January 2012 at 19:48

waaaa gara suka FB an tuch makanya pakai anti virus yang ampuh dan banyak sich yang menawarkan antivirus tapi kayaknya dah da tuch anti virus untuk FB...!!!!! kalau ngak salah sich...!!!! mampir yach sob diblog ane... jgn lupa follow yach sob.. nnti ane follow back sob..!!!

Reply
avatar
26 January 2012 at 22:06

artikelnya bagus bgt gan, emang beberapa waktu lalu ane sempet dengar mengenai virus2 itu. tp baru diblog ini bisa tahu lebih jelas.....

Reply
avatar
16 April 2012 at 15:24

oh ya,,,

Laporan,,,,
Anda mendapatkan Awards dari Blog "Info penting banget "

cari aja Awards buat sobat di blog saya..!!!!

cemungut ea...!!!!

Reply

Dimohon agar tidak meletakkan Link hidup didalam komentar dan berkomentarlah yang sopan ( No spam ). Terima kasih