Cara Membuat Sabun Cuci Piring

Cara Membuat Sabun Cuci Piring
Cara membuat sabun cuci piring tentu dapat dilakukan di rumah, tidak harus membeli tetapi asalkan tau caranya yang aman dan tepat tentu bisa lebih baik dari apa yang ada penyedia sabun pencuci piring.

Sabun cuci piring merupakan senjata yang banyak dibutuhkan ibu rumah tangga, untuk membantu memudahkan pekerjaannya, terutama untuk membersihkan piring dan perlengkapan dapur lainnya dari kotoran bekas makanan yang seringkali menimbulkan bau tak sedap. Jika sebelumnya kita banyak menggunakan sabun colek untuk melakukannya, maka kini perannya sudah hampir tergantikan dengan sabun cuci piring cair yang banyak beredar di pasaran. 

Sabun cair ini pun lebih banyak dipilih karena beberapa alasan, diantaranya lebih praktis karena pengemasannya dalam botol yang memudahkan anda membawanya kemana saja dan mudah pula untuk menyimpannya. Selain itu sabun cair ini juga mudah larut dalam air, dengan menggunakan air dan spon kain akan menghasilkan busa melimpah yang membuatnya lebih hemat. Selain anda bisa memilih berbagai produk sabun cair di pasaran, anda juga bisa mempelajari cara membuat sabun cuci piring agar bisa membuatnya sendiri di rumah dan lebih menghemat biaya.

Baca juga apa saja: Kelebihan Sabun Cuci Piring

Alat yang diperlukan dalam pembuatan sabun cuci piring cair ini seperti baskom, beaker glass 500 ml, beaker glass 250 ml, cawan kaca, pipet tetes, geas arloji, weight bottle, sendok, palet, entong, kain lap, stirer magnetic, stirer plate. 

Adapun bahan yang bisa digunakan untuk cara membuat sabun cuci piring cair ini diantaranya sebagai berikut:


1. Cottoclarin BM. 

Yaitu sebuah bahan berupa cairan kental transparan memiliki fungsi sebagai bahan utama sabun dan menghasilkan busa yang banyak dan memiliki daya bersih yang baik.

2. Sodium sulfat (Na2SO4). 

Bahan ini berbentuk serbuk berwarna putih dan tidak memiliki bau. Sodium sulfat berguna membantu melarutkan cottoclarin BM dan berfungsi juga sebagai pengental dan dapat membantu mempercepat mengangkan kotoran dari piring dan perlengkapan dapur lainnya.

3. Natrium Clorida. 

Bahan berbentuk serbuk putih dan tidak berbau ini juga memiliki fungsi hampir sama dengan bahan sebelumnya yaitu membantu melarutkan cottoclarin BM dan dapat berfungsi sebagai pengental.

4. Enzim AR. 

Bahan yang juga berbentuk serbuk putih ini memiliki fungsi sebagai pembersih lemak yang biasanya sulit hilang dan menimbulkan bau tak sedap pada wadah anda, bahan ini sangat penting dalam pembuatan sabun cuci piring cair.

5. Dewisil liquid. 

Bahan ini berbentuk cairan kental tidak berwarna atau transparan yang berfungsi sebagai pengawet sabun cuci piring cair anda.

6. Foombuster. 

Bahan yang memiliki nama lain coconut diethanol amide ini berbentuk cairan kental berwarna kuning transparan yang berperan memperbanyak busa yang dihasilkan oleh sabun saat dicampur air.

Demikian cara membuat sabun cuci piring yang dapat anda lakukan di rumah, selamat mencoba.

Bagikan

Jangan lewatkan Cara Membuat Sabun Cuci Piring

Cara Membuat Sabun Cuci Piring
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Dimohon agar tidak meletakkan Link hidup didalam komentar dan berkomentarlah yang sopan ( No spam ). Terima kasih