Perbedaan SBMPTN Jalur Beasiswa Dengan Reguler

Ini hal dari perbedaan SBMPTN jalur beasiswa dengan reguler yang harus teman-teman ketahui sebelum melangkah mengambil keputusan saat ujian. Nah, bila teman-teman saatnya mengambil alih ikut ujian tes SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), bila teman-teman ketahui untuk seleksi ini ternyata ada loh jalur-jalurnya. Ingat bukan jalur kecurangan yah :D, akan tetapi, seperti jalur beasiswa dan jalur reguler. Emang seperti ya perbedaan dari keduanya? Nah, loh. Seperti apa itu?


Perbedaan SBMPTN Jalur Beasiswa Dengan Reguler

Yups, bila teman-teman ingin mengetahuinya jangan sampai ketinggalan memahami informasi penting tepat sudah saya bagikan informasinya dibawah ini.

Jangan lupa juga: Hal menarik mengikuti ujian SBMPTN

Seleksi masuk perguruan tinggi negeri atau SBMPTN akan di adakan sebentar lagi. SBMPTN merupakan satu diantara jalur masuk perguruan tinggi negeri. Jalur yang satu ini menjadi sangat istimewa karena di gelar serempak oleh seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia sehingga akan ada beribu – ribu calon mahasiswa yang berjuang untuk masuk PTN favoritnya. Sebelumnya SBMPTN bernama SNMPTN tertulis atau seleksi nsional masuk perguruan tinggi negeri namun setelah beberapa tahun namanya di ganti menjadi SBMPTN dan istilah SNMPTN digunakan untuk seleksi masuk PTN dengan jalur prestasi yang di miliki oleh siswa yang telah direkomendasikan oleh sekolahnya.

Pemerintah telah menyediakan beasiswa bagi para calon mahasiswa yang tidak mampu namun ingin mencicipi bangku kuliah. Beasiswa tersebut dinamakan dengan beasiswa bisikmisi. Penerima beasiswa bidikmisi ini hanyalah calon mahasiswa yang memiliki keuangan yang tidak terlalu baik atau di katakan tidak mampu. Peserta SBMPTN yang lolos dengan menggunakan jalur beasiswa ini nantinya akan di bebaskan dari uang tiap semester dan akan mendapatkan uang saku yang diberikan tiap 3 bulan sekali. Nah khusus untuk para pendaftar SBMPTN bidikmisi, ada beberapa perbedaan cara pendaftaran SBMPTN. Apa saja perbedaannya ? simak ulasan dibawah ini!

Pebedaan tata cara pendaftaran SBMPTN dengan beasiswa dengan jalur reguler :


1. Berkas

Jika pendaftar SBMPT jalur reguler, mereka hanya melampirkan beberapa berkas saja seperti berkas nilai terakhir. Sedangkan untuk pendaftar jalur beasiswa maka ada begitu banyak berkas yang harus dilengkapi seperti berkas pernyataan tidak mampu dari desa, dan berkas – berkas yang menyatakan bahwa kondisi keuangannya memang tidak terlalu baik.

2. Biaya

Untuk mendapatkan nomor peserta, pendaftar jalur reguler harus melakukan pembayaran biaya pendaftaran terlebih dahulu, sedangkan pendaftar SBMPTN jalur beasiswa tidak perlu membayar untuk mendapatkan nomor peserta Pendaftar SBMPTN jalur beasiswa tidak dikenakan biaya pendaftaran, sedangkan pendaftar yang menggunakan jalur reguler harus membayar biaya pendaftaran ke bank yang telah di tunjuk oleh pihak penyelengara SBMPTN untuk melayani pembayaran pendaftaran SBMPTN.

Bagaimana? Apa cukup terbantu untuk menjawab pertanyaan Anda atau sudah memahami dari semua informasi yang sudah ada diatas? Mudah-mudah sudah ya.

Ok, itulah beberapa perbedaan yang perlu teman-teman pahami saat mengikuti ujian SBMPTN yang akan datang.

Jangan lupa bagikan informasi ke teman-teman Anda lainnya. Jangan biarkan mereka tidak mengetahuinya. Semoga bermanfaat.

Bagikan

Jangan lewatkan Perbedaan SBMPTN Jalur Beasiswa Dengan Reguler

Perbedaan SBMPTN Jalur Beasiswa Dengan Reguler
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Dimohon agar tidak meletakkan Link hidup didalam komentar dan berkomentarlah yang sopan ( No spam ). Terima kasih